Ciri-ciri Sinetron Indonesia

Ari Krisdianto // 16 Februari 2009

Sinetron?ada yang suka nonton sinetron?ironis sekali apabila masyarakat kita lebih suka nonton sinetron daripada nonton berita atau tayangan yang lebih bermanfaat, maaf buat yang hobinya nonton sinetron?hehe…meskipun kadang2 ayik juga nonton sich?brikut ciri-ciri sinetron indonesia:


1.Ada adegan makan bersama keluarga. Dan biasanya minumannya selalu jus jeruk,bukan air teh.


2. Tema cerita: Cinta yang tidak disetujui orang tua. Biasanya yang ceweknya udah dijodohin sama calon direktur, lulusan sekolah luar negeri.(Di jaman itu, calon direkturnya masihpada bujangan! hehe)


3.Tokoh Ayah selaluberbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda, dengan bolpen di kantongnya,membawa koper, dan biasanya ke kantor.


4.Polisi yang selalu datang terlambat,dengan kalimat yang kaku dan khas: "Ini memang buronan yang sedang kami cari,Pak!"


5.Adegan pub/bar/nightclub.Scene ini biasanya lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya' ABBA, Beegees, Kool and The Gang.Lalu minuman diberi obat perangsang.


6.Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare. Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk,kacamata baca model Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanyangomong: "Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami."


7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut Sambil ketawa-ketawa kecil "hahaha..hahaha.."trus yang cewek menjatuhkan diri.Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, digantid engan deburan ombak atau bunga mawar.


8. Mau diperkosa trus nggak jadi. Karena jagoannya datang (entah dari mana)tiba-tiba berantem aja sama yang mau memperkosa.


9. Kyai / Orang sakti/Pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui difilm-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.


10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN,TAMAT,SELESAI, dll dengan warna-warna yang cerah.


11.Biasanya peran antagonisnya selalu nggak bisa berantem.Tapi selalu dikelilingi centeng-centengnya.


12.Hantu2 dan penjahat sepertinya jadi tokoh yang paling bahagia dan riang gembira,soalnya ketawa terus. Penjahat jaman dulu.. dia ketawa di 80% film, sementara si jagoan cuma di 20% sisanya.


13.Kalau kuliah naik motor and rambut gondrong berkibar-kibar ditiup angin : nggak pakai helm!
14. Tokoh Cewe kalaudijemput cowoknya naik mobil, pintunya dibukain.


15.Adegan buang puntung rokok terus di matiin pake kaki, mungkin biar sepatu boot/kulitnya keliatan.


16. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri dirumah.


17.Terjadinya "Make Love" gak sengaja, gara2 kehujanan atau pada saat hujan.


18.Kalo mau ketemu cewek si cowoksisiran dulu. rambut gondrong diminyakin dan sisirnya ditarok di saku belakang. dan sisirnya nongol sedikit..!!!


19.Nama peran utamanya kalo cowok selalu JOHAN,HENDRA, ANTON.


20.Cowoknya suka pakecelana putih cutbray.


21.Cewenya kalo abis dimarahin ama bokapnya biasanya langsung lari ke kamar trus nangis diranjang (biasanya lantas dielus-elussama oma atau mamanya).


22.Kalo pemeran utama cowo, ceritanya udah jadi "tua",tinggal tambahin kumis doang.


23. Diawal film, jagoannya sengsara, tapi diakhir film, penjahatnya mendadak jadi bego, sial, dan kalah melulu. Kehebatan yang ada di awal film seperti hilang ditelan angin. Makanya, kalau nonton film buatan jaman dulu, kalaupenjahatnya sudah mulai kalah, berarti filmnya sebentar lagi bubar.



24. Kalau miskin, seringnya digambarkan sebagai orang yang sholeh, rajin berdoa.


25.Kalau kaya, digambarkan duduk-duduk dikursi goyang, baca koran, dan ngerokok cerutu! Ada tukang kebun yang nyiram air pake selang! (apa enggak ada kerjaanlain??)


26. Motornya selalu model trail berasap putih dgn suara cempreng....nggenggggggg


27. Kalo bedil polisi meletus bunyinya....to-ceauw...to-ceauw....bukan dor! dor!


28. Kalo di Jakarta..settingnya pasti mobil2 lonjong ngiterin bunderan HI.


29. Kalo lagiadegan di kantor polisi, kaptennyaselalu manggil "sersan!!..." trus sersannya njawab : "siap,kapten!...laksanakan..."


30. Kalo film lawak... pemeran cowokyang jelek jodohnya ama pemeran cewek yang cakep


31. Kalo film SMA... ada adegan wisata, pake bis bareng..konyolnya, main gitar di bis (cowok yang main gitar dikerubutin cewek), biasanya lagunya disini senang-disana senang


32.Kalo kemah ada adegan ngangguin orangtidur...


33. Kalo film mahasiswa, ada adegan Posma, si cewek pingsan ditolongoleh sang senior, terus...jadian deh.




Kalo menurut temen-temen gimana, ada yang mau nambahin?

21 komentar

  1. keknya pernah baca deh yik. tapi gpp masih menghibur hehehe...

    BalasHapus
  2. kalau mukul kelihatan banget ngga kenanya

    BalasHapus
  3. mw ngomenin yang nomer 30..

    beda banget ya sama dunia nyata...
    padahal kalo dunia nyata (Ari contohnya) cowoknya cakep dapet cewek cakep pula..
    ckckckck..
    keren...

    BalasHapus
  4. @karangsati
    hehe...makasih...?

    BalasHapus
  5. @mas icang
    lha itu lek film bollywood tho mas, belum sampek mukul suaranya udah kedenger duluan trus keliatan banget kalo ga kena.

    BalasHapus
  6. @martha
    walah...pasti menghina ni, aku terima penghinaanmu marta coz diriku emang jelek...lek...lek...!!!hixs...

    BalasHapus
  7. mas ayik,
    tolong bantu kami melaporkan blog beralamat :http://trulyislam.blogspot.com

    ke blogger.com untuk ditutup. karena blog ini memfitnah islam dan tolong disebarkan ke blogger yang lain.

    BalasHapus
  8. Asstagfirullohaladzim, kok masih ada orang yang sengaja memfitnah Islam seperti itu.

    yup ayik janji pasti ayik sampaikan ke semua penghuni blog dan ayik laporkan ke blogger.com

    terima kasih infonya.

    BalasHapus
  9. wedew, hehe... saia jarang nonton sinyetron euy, :P mantab nih analisanya, sip! wkwkwk...

    BalasHapus
  10. @a2i3s
    hmm...ayik juga ga suka nonton tapi gara2 temen sekontrakan demen banget nonton sinetron so jadi tau sinetron itu kayak gimana, hehe

    BalasHapus
  11. kalo sinetron sekarang di indosiar ada lagi om...

    1. kalo abis nembak cewe terus diterima selalu ada adegan nyanyi sambil joget-joget bardua di taman, aku ga tau tuh gejala apa tapi selama aku hidup 21 tahun baik di smarang, medan, or aceh ga pernah nemu yang kayak gitu (untungnya)
    2. orang kaya pasti rumahnya pasti gede kayak istana dengan nuansa klasik dan kayake arsiteknya "gay" coz seleranya aneh
    3. artisnya pasti itu-itu aja, ada cewe yang rambutnya kayak slash-eks gitaris gun n roses, yang "cowo cantik" berponi panjang dan kadang sibuk benerin poninya yang nutupin mata

    BalasHapus
  12. @topique
    hehe..iya, ayik pernah liat sih, wah...om topique sering nonton ya kok tau kayak gitu?qqq

    oke, ayik tambahin ya di postingan?

    BalasHapus
  13. wkakak, bener nih...
    pengamat perfileman indo yah ^_^

    BalasHapus
  14. @hikarianna
    hehe...benere ga sih tapi gara2 temen sekosan ayik tiap hari nonton sinetron so pasti tau donk sinetron indonesia itu kayak gimana, hehe...

    BalasHapus
  15. wah...ayik parah nih masa sampai sebegitu tahunya sinetron berarti kamu maniak sinetron ya yik!

    BalasHapus
  16. @yadi
    yee...ayik bukan sinetron maniak yo..ni semua gara2 temen ayik yang liat sinetron tiap hari so sedikit banyak ayik kan ngerti sinetron meskipun ga maniak banget?hehe

    BalasHapus
  17. brow... gue aku stuju banget aman postingan ini... aku emang paling ngga suka nonton snetron indonesia... ngga bermutu banget... kampungan n norak banget bro...
    akhirnya kamu membuka mata orang2 tentang sinetron indonesia...

    BalasHapus
  18. hehehe...dirimu juga ga suka sinetron tho, kirain demen banget?hihi

    BalasHapus
  19. sinetronnya mang ad yg sesuai ma tipe "njijiki" kaya gtu..
    pi jgn salah..
    ad jg yg bagus ko..
    pnh liat keluarga cemara g??
    mskipun agak jadul pi bagus ko..
    pesan morilnya dpt bgt,,
    palagi sinetron ramadhan taon kmrn,,klo g slh judulnya "matahariku" yg maen novia kolopaking,ma lukman sardi..

    hmm..
    bnr2 memberi pesan "seperti itulah seharusnya kluarga yg islami"

    yaa..
    smuanya mang trgantung sikap individunya sih..
    pinter2 aj mlih sinetron yg bagus,,yg bkn cm tontonan tapi jg tuntunan..

    maav klo q sok tauu..

    mksih mz ayik,,coretan2nya bagus2 ko..
    menghibur bgt!!!
    bacaan yg tepat distress..hehe

    BalasHapus
  20. ini sih bukan sinetron yik, tapi film 80-an kali. ayik salah. kl sinetron mana ada nama joni, johan, ada jg marvel, farel, manohara, dkk *wkwkwk

    BalasHapus
  21. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    BalasHapus

Tulis Komentar Kamu pada Kotak di Bawah ini: